-->

Udah Jiplak aja yang itu


"yaelah gampang. Jiplak aja yg itu" kata yang sering keluar oleh seorang designer yang bisa saya bilang (maaf) "kelas teri".

Saya sendiri juga suka yang namanya design tapi ga begitu fanatik apa lagi sampai dijadiin profesi, oiya lupa klo gambar diatas saya kutip dari fanpage Desain Grafis Indonesia yang selalu fokus terhadap perkembangan desain grafis indonesia.

Bagi mereka yang menjalani profesi ini apa lagi yang selalu mengejar deadline, pasti maunya serba instan, ga mau mikir panjang, cuma lihat refrensi dibeberapa situs portfolio yang pasti isinya mayoritas hasil karya para designer luar (asing maksudnya).

Nah mari kita lihat lagi, tentu saja tidak semua designer begitu, namun apakah itu baik? khususnya bagi mereka yang masih pemula, tentu saja tidak, sebab itu menghambat kreatifitas, menghambat ide dan lain lain.

Contohnya banyak komikus yang terkontaminasi oleh gaya jepang, padahal kan bisa kita buat gaya sendiri contohnya si Juki dan masih banyak lain.

Tentu saja boleh jiplak skali2 asal jangan keterusan (ingat loh jiplak itu seperti sabu2, sekali coba bakal ketagihan bro).

Kesimpulan saya, jiplak sangat merusak kreatifitas anak muda, dan jangan sampai lo ketagihan yang namanya jiplak, buat hasil ide sendiri meskipun jelek, tetap Bangga!

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Seorang remaja yang ingin menempuh dunia dengan cara yang berbeda, suka dunia site, suka javascript dan suka music jazz, sekarang berprofesi sebagai freelance website.

0 comments:

Post a Comment